Senin, 17 Maret 2008

PERENCANAAN

Petugas dan pejabat dinas kesehatan memahami bahwa banyak upaya perencanaan berujung pada kegagalan di lapangan. Peserta pelatihan yang pernah memiliki pengalaman kegagalan pelaksanaan dari apa yang telah direncanakannya sulit percaya dengan pelatihan perencanaan.
Perencanaan tidak lain kegiatan-kegiatan yang disiapkan agar ketika pelaksanaan tiba kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan sudah tersedia dan kegiatan secara keseluruhan dapat terlaksana. Perencanaan di sini menjadi sangat penting karena itu terkait dengan dana yang diperlukan untuk kebutuhan alat, sumber daya manusia, dan kontrak-kontrak dengan pihak lain untuk terlaksananya program. Karena itu, diusulkan agar disetujui oleh bupati atau gubernur sehingga mereka mau mengeluarkan dana.
Perencanaan yang baik juga merupakan bukti jika kegiatan-kegiatan yang dibuat atas dasar pertimbangan-pertimbangan yang matang dan bersumber pada situasi dan kapasitas daerah. Perencanaan kerap dianggap sesuatu yang sulit dan tidak masuk akal. Dokumen rencana berguna untuk pertanggung-jawaban publik dan yang paling penting adalah untuk memonitor pelaksanaan kegiatan jika rencana itu disetujui dan kemudian dijalankan.

Tidak ada komentar: